Monday, August 17, 2009

TAKUT BUKAN MERDEKA

Photobucket


Ya, hari ini 17 Agustus 2009. Dirgahayu Indonesiaku yang ke-64!
Jujur, gue ga ngerasa ini hari kemerdekaan karena menurut gue kita sama sekali enggak merdeka. Sekolah gue aja takut bom trus jadinya kita ga ngerayain lomba di skolah. Buat apa capek-capek dateng ke skolah cuma upacara yang hanya dijadikan sebagai simbol formalitas tapi kita masih merasa takut akan ancaman bom?
Upacara tadi bener-bener tidak khusuk. Parah. Ga ada rasa sedikitpun hormat sama Indonesia, bahkan bendera merah putih yang mau dikibarin aja enggan berkibar di atas. Sedih banget loh. Ini yang disebut kemerdekaan? Ga pantes.
Orang-orang mulai ga peduli sama 17 Agustusan. Di komplek rumah gue aja yang biasa nya heboh sama lomba ini-itu jadi ga ada. Keterlaluan, cuma dikit skarang yang ngadain lomba. Lomba makan kerupuk, mewarnai, yaampun. Dulu pas gue kecil ga pernah ketinggalan deh ikutan kayak gitu. Seru banget.
Buat apa ada upacara 17 an di bunaken? Cuma mau dianggep keren biar bisa masuk rekor dunia? Ga penting tau nggak sih. Bukan itu cara untuk mencintai Indonesia. Banyak hal yang lebih bermakna yang bisa dilakuin dari sekedar upacara di bunaken atau di tebing-tebing.
Bener-bener ga ada suasana kemerdekaan, bahkan tadi kita di skolah ga nyanyi lagu 17 agustus bareng-bareng, padahal gue mengharapkan kita nyanyi itu. Yaudah nyanyi dalem hati aja deh gue.
Dan buat apa juga banyak seruan 'kami tidak takut!' kalo sekarang aja masih banyak yang takut sama ancaman bom? Gila deh, gue bingung sama orang-orang yang nge bom Indonesia. Itu kan yang nge bom orang Indonesia juga. Tolol banget sih, ga inget apa lo lahir nya dimana? Ini tuh negara lo, negara kita! Masih di bom juga? Sakit jiwa. Ga ngerti banget gue sama jalan pikiran orang-orang jahat kayak gitu.
Oh man, kapan lagi kita bisa merasakan kemenangan Indonesia, kemerdekaan! Dimana kita bisa ketawa-tawa bahagia sama-sama, ikutan lomba tarik tambang, makan kerupuk yang cuma bisa dilakuin setaun sekali. Siapa tau kalo taun depan kita ga bisa ngerayain 17an? Nyesel banget.


No comments: